Rabu, 06 Februari 2013

Agen Sosialisasi



Agen Sosialisasi
  1. Keluarga
Keluarga merupakan tempat pertama dan utama bagi seorang anak untuk tumbuh dan berkembang. Keluarga merupakan dasar pembantu utama struktur sosial yang lebih luas, dengan pengertian bahwa lembaga lainnya tergantung pada eksistensinya.
Setiap keluarga mensosialisasikan anak-anaknya sesuai dengan kebudayaan masyarakatnya di mana mereka hidup, akantetapi keluarga iyu sendiri mencerminkan subcultures tersendiri dalam masyarakat yang lebih luas. Hal ini berhubungan dengan keadaan geografis, kedudukan sosial, etnis, agama dari masing-masingkeluarga yang tidak selalu sama.
Ciri utama dari sebuah keluarga ialah bahwa fungsi utamanya yang dapat dipisah-pisahkan (Goode, 1983). Fungsi keluarga antara lain (Munandar, 1989) :
  1. Pengaturan seksual
  2. Reproduksi
  3. Sosialisasi
  4. Pemeliharaan
  5. Penempatkan anak di dalam masyarakat
  6. Pemuas kebutuhan perseorangan
  7. Kontrol sosial

  1. Sekolah
Sekolah adalah suatu lembaga yang mendidik seorang anak untuk memiliki ketrampilan dan pengetahuan tertentu. Sekolah tidak hanya sebagai tempat untuk belajar meningkatkan kemampuan intelektual, akantetapi juga membantu anak untuk dapat mengembangkan emosi, berbudaya, bermoral, bermasyarakat, dan kemampuan fisiknya.
  1. Teman Sebaya (Peers Group)
Teman sebaya adalah individu-individu yang mempunyai kedudukan yang sama. Teman sebaya berpengaruh pada gaya hidup seseorang, seperti penampilan,kegiatan, cara berpacaran , dan sebagainya.
  1. Media massa
TV adalah salah satu media masa yang mempunyai peran penting dalamproses sosialisasi, Kehadiran TV dalam suatu keluarga atau masyarakat dapat merupakan faktor pendukungmaupun faktor penghambat dari suatu keluarga dalam menjalankan salah satu fungsinya yakni mensosialisasi anak.
Kita harus mengakuai bahwa TV merupakan media informasi yang lebih jelas efektif. Dengan adanya gambar dan suara memberikan informasi yang lebih jelas dan sudah dipahami oleh pemirsanya dibandingkan media lainya. Melalui TV kita dapat melakukan fantasi atau berangan-angan. Bagi anak, media ini sangat efektif dalam mengembangkan dunia fantasi mereka. Sebagai media hiburan, TV merupakan sarana hiburan yang cukup murah yang dapat dinikmati oleh setiap keluarga. TV juga sarana yang pling efektif jangkauannya untuk mengajarkan atau memerintahkan tentang suatu yang dianggap penting bagi masyarakatnya. Hal ini sesuai dengan pendapat Donald F. Robert (1973 : 25) yang menyatakan bahwa media TV mempunyaibeberapa fungsi yakni :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar