Rabu, 05 Desember 2012

Biografi Ki Hajar Dewantara



Ki Hajar Dewantara

Ki hajar Dewantara adalah tokoh yang punya dedikasi tinggi yang suka membawa spirit kerakyatan. Dia tidak mau menjaga jarak dengan rakyat kecil, meski dia sendiri adalah keturuan dari kaum bangsawan. Bahkan untuk menghilangkan sekat pergaulannya, dia menanggalkan nama ningratnya, Raden mas Suwardi Suryaningrat.
Sikap pedulinya pada golongan jelata juga diwujudkan dalam bentuk yang nyata pula. Bersama dengan teman-temannya yang lain dia mendirikan perguruan nasional Taman Siswa dengan tujuan untuk memberi pendidikan pada masyarakat agar mereka mampu membuat karya sendiri. Ini adalah merupakan langkah awal untuk suatu cita-cita yang lebih tinggi, yaitu merdeka dari penindasan (penjajahan). Pendidikan utama yang diajarkan oleh Ki hajar Dewantara adalah menjadikan manusia yang cerdas dan punya manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Dengan membaca buku yang ditulis oleh Suparto Raharjo ini kita bisa mengenal lebih jauh tentang kehidupan dari sosok Ki Hajar Dewantara berserta aktivitas atas perjuangan terhadap dedikasinya pada bangsa dan negara. Dalam buku ini kita juga merasakan untuk ikut mendalami ide-ide dari tokoh pendidikan ini dalam usahanya untuk mengangkat derajat masyarakat lewat dunia pendidikan yang digelutinya.
Dan lewat buku ini pula kita bisa menjadi lebih yakin akan kebesaran nama dari Kihajar Dewantara. Maka, sangatlah pantas bila dia punya predikat sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Namun penamaan gelar tersebut tidak akan punya arti sama sekali apabila tidak dibarengi dengan melanjutkan perjuangan dan cita-citanya yang sangat luhur dan mulia itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar